Share :

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Penduduk, Kabupaten Purworejo Belajar ke Muba

2020-03-24 13:32:46

Sekayu, Sumselupdate.com – Penghargaan Dukcapil Hebat yang diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin pada Februari 2019 lalu dari Kementerian Dalam Negeri RI yang dinilai dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, membuat beberapa kabupaten melirik dan tertarik untuk belajar.

Salah satunya Kabupaten Purworejo, pada Jumat (24/01/2020) berkunjung langsung ke Kabupaten Muba untuk menimba ilmu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muba Hj Asmarani, SSos, MSi pada kesempatan itu mengatakan, program yang diterapkan tidak terlepas dari dukungan pemerintah khususnya Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin, beserta DPRD Muba, juga Pihak kecamatan, desa serta instansi terkait lainya.

“Inovasi yang kami terapkan yaitu, Suportides (Suport Kematian Oleh Perangkat Desa perangkat desa), Jebol Akta Kelahiran (Jemput bola akta kelahiran), KIA Go To School, Pelindes (pelayanan KTP-El keliling ke desa-desa dan sekolah), Premankit (Pelayanan KTP-El ke rumah tahanan dan rumah sakit), Pemuda Capil (pemuktahiran database kependudukan dan pencatatan sipil), dan Terima (fitur kedatangan layani warga dari kecamatan),” ungkapnya.

Selain itu ada beberapa program dan aplikasi lain yang digunakan dalam pelayanan sehari-hari kepada masyarakat agar dapat meningkatkan masyarakat tertib administrasi dan identitas.

Di antaranya Garda Maju Berjaya (gunakan satu sumber data kependudukan untuk Muba sejahtera), Tim Sar Cabi (identifikasi masalah data penduduk dengan fitur cari biodata), Papa Andalan (pelayanan penduduk pengembalian data hilang), Pas Mantab (pelayanan administrasi masalah NIK dan data bermasalah), Si Anak Uluan (pembersihan data kependudukan belum perekaman), dan Catatan Si Kupek (pencarian status KTP Elektronik).

“Semua Inovasi ini tentunya didukung dengan tenaga yang handal dan kerja keras diberbagai bidang untuk menciptakan adminitrasi yang baik,” jelas Asmarani.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Dr Akhmad Kasinu, MPd sebagai pemimpin rombongan menuturkan kunjungan kerja yang dilakukan untuk menimbah ilmu di Kabupaten Muba yang telah berhasil menata administrasi kependudukan dengan baik, terlebih mendapatkan penghargaan dari Kemendagri memantapkan pihaknya untuk datang ke Bumi Serasan Sekate.

“Kabupaten Musi Banyuasin memang layak mendapatkan penghargan tersebut. Setelah kami sampai di Kabupaten Muba dan melihat secara langsung kegiatan dan sistem administrasinya sangat luar biasa bagus dan tertata rapi dengan kecanggihan aplikasi sangat mempermudah sistem kerja, hasil dari sini kami meminta ijin Kepala Disdukcapil Muba untuk menerapkan di kabupaten kami, apa bila ada kendala kami meminta batuan untuk belajar dan di ajari supaya kami minimal sama seperti di Disdukcapil Muba,” tuturnya.

Kunjungan kerja rombonga Disdukcapil Purworejo di dihadiri pula Suryadi ST MM, Kabid Piak Bangun Riyono ST, Kabid Pindat Dyah Indrawati SSos, Kasi Inovasi Zuhriyah Yossy SSos Kasi Perkawinan, Yudo Pronoto SE Kasi Umpeg, dan Mukh Syafi SE Kasi Siak. (rel)